Sir Alex Ferguson masuk ke dalam sejarah sepakbola karena dirinya merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Selama 26 tahun bertugas di Manchester United, pria asal Skotlandia ini berhasil memenangkan 38 piala, termasuk 13 gelar Liga Premier, 5 Piala FA dan 2 gelar Liga Champions.

Ferguson juga bertanggung jawab atas penandatanganan sejumlah pemain kelas dunia seperti Eric Cantona, Peter Schmeichel, Ruud van Nistelrooy, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney dan David de Gea. Kesemua pemain itu berhasil meniti karirnya di Old Trafford dibawah bimbingannya.

Mungkin pencapaian terbesar Ferguson datang ketika lahirnya ‘The Class of 1992’ yang terdiri dari sekelompok anak muda seperti Phil dan Gary Neville, Ryan Giggs, Nicky Butt, Paul Scholes dan David Beckham yang menjadi tulang punggung Manchester United sehingga mereka mendominasi Liga Premier di era 1990-an.

Meskipun Ferguson dikatakan berhasil membangun sebuah tim untuk menantang Liga Premier secara konsisten, namun pada kenyataannya, beberapa pemainnya terlihat menyedihkan. Dalam arti kata Ferguson pernah menggelontorkan uang yang besar untuk merekrut beberapa pemain dan menaruh harapan yang besar tetapi pemain tersebut malah gagal bersinar di bawah bimbingannya .

Dan inilah 10 pembelian terburuk Sir Alex Ferguson di Manchester United, diantaranya adalah :

1. Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba didatangkan dari Nantes dengan nilai £ 3,5 juta pada tahun 2003. Ia dijuluki sebagai “titisan Roy Keane”. Bersama MU, Djemba-Djemba hanya melakoni 39 laga sebelum ia pindah ke Aston Villa pada tahun 2005 dengan nilai £ 1,5 juta.

Selama waktunya di Midlands, ia dinyatakan bangkrut karena kerap memboroskan uangnya untuk membeli 10 unit kendaraan 4×4. Setelah meninggalkan Inggris, Djemba-Djemba bermain di 9 klub di 8 negara dan namanya akan selalu diingat oleh fans Old Trafford sebagai ‘transfer terburuk sepanjang sejarah MU’.

2. Ralph Milne

Milne didatangkan dari Bristol City senilai £ 170.000 pada bulan November 1988 dan selama 3 musim berseragam MU, ia tidak konsisten dan akhirnya gagal bersinar. Setelah melakoni awal yang menjanjikan, Milne terlibat masalah alkohol bersamaan dengan rekan setimnya saat itu, Danny Wallace dan Lee Sharpe.

Milne gagal melakoni penampilannya dalam 18 bulan terakhir di Old Trafford sebelum ia dibebaskan oleh Inggris dan pindah ke klub HongKong, Sing Tao pada tahun 1991. Setelah meninggalkan MU, Milne tidak pernah memainkan karir profesionalnya lagi dan pensiun saat umurnya menginjak 32 tahun. Bahkan Sir Alex Ferguson sendiri juga mengakui jika Milne adalah transfer terburuk selama masa kepelatihannya di MU.

3. Massimo Taibi

Kiper asal Italia ini didatangkan dari Venezia senilai £ 4,5 juta pada tahun 1999 tetapi ia hanya melakoni 4 laga di Liga Premier. Di 4 laga tersebut, gawang MU harus kebobolan sebanyak 14 gol. Taibi awalnya dipinjamkan ke Regina dan pada bulan Januari 2000, Regina mematenkan jasanya senilai £ 2,5 juta. Taibi pun melanjutkan karirnya di Regina beserta 3 klub lainnya di Itali sebelum menggantungkan sarung tangannya pada tahun 2009.

4. Dong Fangzhuo

Stiker asal Cina, Dong Fangzhou dibeli MU pada Januari 2004 dengan biaya awal senilai £ 500.000 yang bisa meningkat menjadi £ 3,5 juta tergantung pada penampilannya di klub Setan Merah. Karena tidak mendapatkan ijin kerja, ia dipinjamkan ke klub Royal Antwerp di Belgia untuk menimba pengalaman.

Pada musim ketiga di klub tersebut, ia dinobatkan sebagai top-scorer Divisi II dengan membukukan 18 gol. Setekah mendapatkan ijin kerja di Inggris, Dong membuat debut di Liga Premier pada tahun 2006 dan hanya melakoni 3 laga untuk MU. Akhirnya kontraknya diputus pada tahun 2008 dan ia kembali ke Dalian Shide.

5. Wilfried Zaha

Penyerang sayap berbakat tiba ke Old Traffod dari Crystal Palace pada bulan Januari 2013 sebagai salah satu pemain terakhir yang didatangkan Sir Alex Ferguson. Ia didatangkan senilai £ 15 juta. Zaha membuat debut pertamanya di MU dalam kemenangan ajang Community Shield atas Wigan Athletic dengan skor 2-0 dan melakoni 3 laga untuk klub sebelum ia dipinjamkan ke Cardiff City pada bulan Januari. Karena kemampuannya tidak berkembang, ia pun dikembalikan ke Crystal Palace.

6. Kleberson

Bersama Brazil, ia membantu timnasnya meraih kemenangan ajang Piala Dunia 2002 dan Sir Alex Ferguson langsung memboyongnya ke Manchester United. MU berharap ia dapat mengisi kekosongan yang ditinggalkan Juan Sebastian Veron yang hijrah ke Chelsea. Ia didatangkan dengan nilai £ 6,5 juta dan hanya melakoni 30 laga sebelum dirinya dijual ke Besiktas senilai £ 2,5 juta, setelah 2 tahun menghuni Old Trafford.

Setelah beberapa tahun berada di sepakbola Turki, Kleberson kembali ke tanah airnya untuk melanjutkan karirnya. Lalu pada tahun 2013, ia hijrah ke MLS dan membela Philadelphia Union.

7. Pat McGibbon

Pat McGibbon pindah ke Manchester United dari salah satu klub Liga Premier Irlandia, Portadown pada tahun 1992 seharga £ 100.000. McGibbon adalah salah satu bintang dari tim muda Inggris yang tidak bisa bersinar dengan tim utama MU sehingga ia hanya melakoni 1 laga bersama klub.

Saat melawan York City dalam ajang Piala Liga pada tahun 1995, McGibbon bermain tidak konsisten sehingga mereka harus pasrah tunduk dengan skor 3-0. Selama 2 musim berikutnya, McGibbon menjadi pemain pinjaman di Swansea dan Wigan Athletic yang kemudian dipatenkan Wigan senilai £ 250.000 pada tahun 1997.

8. Manucho

Manucho didatangkan oleh Manchester United pada akhir tahun 2007 dan langsung dipinjamkan ke Panathinaikos karena memiliki masalah ijin bekerja di Inggris. Pemain yang tidak diketahui secara lengkap ini diambil dari Liga Angola dalam sebuah langkah yang sangat mengejutkan. Manucho harus menunggu hingga 23 September 2008 untuk membuat debut pertamanya di Inggris pada pertandingan Piala Liga di kandang Middlesbrough.

Ia hanya melakoni 2 laga untuk MU sebelum dipinjamkan ke Hull City dan dipatenkan ke klub Spanyol, Real Valladolid. Manucho membela Valladolid selama 4 tahun sebelum ia ditransfer ke Rayo Vallecano pada tahun 2014.

9. Jordi Cruyff

Jordi Cruyff memiliki wajah yang sama persis dengan sang ayah, dimana ayahnya dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Karirnya sebagai pesepakbola di Old Trafford tidaklah sukses, ia gagal membangun dirinya dan tidak mendapat tempat di tim utama MU.

Setelah meninggalkan MU secara permanen pada tahun 2000, Cruyff kembali ke Spanyol dan kemudian bermain di Ukraina dan Malta sebelum pensiun pada tahun 2010. Sejak tahun 2012, Cruyff menjadi Direktur Olahraga di Maccabi Tel Aviv di Israel.

10. Bebe

Bebe bergabung dengan Manchester United pada tahun 2010 senilai £ 7,4 juta dan secara mengejutkan, Sir Alex Ferguson mengakui jika belum pernah melihat gaya permainannya. Bebe tidak tampil banyak bersama MU dan menjadi pemain pinjaman beberapa kali, ia akhirnya meninggalkan Inggris secara permanen pada bulan Juli 2014 dan bergabung dengan Benfica. Selama 4 tahun di Old Trafford, Bebe hanya melakoni 7 laga dan mencetak 2 gol dan harus dinobatkan sebagai salah satu pembelian terburuk Sir Alex Ferguson selama masa kepelatihannya di Old Trafford.